Kamis, 04 Februari 2016

Situs Kebontaman, Kalikayen Ungaran timur

Situs Kebontaman, Kalikayen Ungaran timur
Kamis, 4 Februari 2016
    Adalah blusukan lanjutan dari Situs Watukebo Kalikayen Ungaran Timur. Dari Dsn. Watu Kebo kami melanjutkan perjalanan  menuju Dsn Kebontaman Desa Kalikayen Kecamatan Ungaran Timur. Keberadaan situs ini sudah sejak lama saya peroleh informasinya dari rekan DEWA SIWA : Lek Trist.
Batas wilayah ungaran - tembalang
     Mengikuti jalur menuju Tembalang Kota Semarang, dsn. Kebontaman ini memang dsn. Kabupaten Semarang yang berbatasan langsung dengan Kota Semaramg.
          Kira-kira 5km kemudian kami sampai, jalan menuju Kebontaman relatif bagus, sudah betonisasi. Untuk mempermudah petunjuk arah, cari saja batas wilayah kabupaten/kota. (foto batas wilayah saya ambil dari arah Semarang. Terlihat ada pertigaan, sahabat ambil arah kiri (jika dari Ungaran sebaliknya, ambil kanan). Susuri jalan kampung laju pelan saja. Tak sampai 200m dengan penanda lapangan bola voli dan sampailah....
Tertinggal satu didepan rumah ini :
Situs Kebontaman, Kalikayen Ungaran timur
      Sebelum ketemu, kami sempatkan bertana pada warga, kebetulan warga tersebut nampaknya juragan kayu. Tanpa diduga dengan senang hati, "Saya antar saja mas, dekat kok", kata beliau sambil jalan kaki. "Dulu di lapangan bola voli dan sekitarnya banyak ditemukan watu candi, bahkan ada beberapa patung. Ada yang katanya dibawa Museum tapi lebih banyak yang dijarah mas", jelas beliau. Sayangnya saya terlupa tanya nama bapak pemandu kami tersebut.
     "Watu ini hanya sisa-sisa, yang mungkin tak sempat dijarah, dulu lokasi awalnya ya dilapangan juga", tambah bapak tersebut. 
     Seorang nenek si empunya rumah, mendekat dan menimpali, "Yang terpendam di bawah rumah juga banyak mas, banyak juga yang telah di 'pething' (di remuk dengan ukuran kecil untuk ngecor--), karena warga tak paham peninggalan seperti itu", tambah nenek itu.
     "Beberapa hali yang lalu beberapa WNA juga kesini mas, Yang tertarik itu malah orang jauh, kalau warga sudah tak acuh", tambah Bapak itu lagi.

    Kenyataan yang bikin sesak dada kami!!!!! namun inilah Fakta dan realita
      Watu candi yang berpola indah dan nampaknya menjadi struktur dari sebuah bangunan suci ini nampaknya sudah di inventarisir dinas terkait. Namun ya Sebatas itu saja.....

      Video Amatir di Kebontaman : 

Partner Blusukan "Kemisan" :
Suryo di Kebontaman
Salam Pecinta Situs
Mari Kunjungi Dan Lestarikan
was here; SItus Kebontaman
Save This Not Only a Stone!!!!!!

tambahan : 
    Sebenarnya pingin menelusuri dan mencari jejak masuk rumah kayu di samping rumah ini, karena saya sangat curiga dengan batu yang dipakai umpak penyangga tiang di beberapa sisi rumah, tapi karena selain gerimis, hampir magrib si nenek punya rumah tersebut tak ramah..... (sory sensor, omongane nylekit--UUD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar