Rabu, 20 Agustus 2014

Situs Yoni Mplantungan KradonLor Suruh

Yoni Mplantungan

     Setelah dapat informasi dari seorang warga setempat di kauman, tepatnya di situs Yoni Kauman ,tanpa kutunda, tancap gas langsung menuju lokasi. Berbekal petunjuk arah : Dari masjid besar Suruh, Keluar gang, arah kiri ikuti jalan tersebut. kira-kira 2km ketemu dengan jalan beton. Cari Balaidesa Kradonlor, dari Balaidesa Kradonlor itu, Situs Yoni Mlpatungan Kradon Lor terlihat. 
Situs Mplantungan : Di depan mushola

    Di Depan Mushola, yoni itu berada. Situs Yoni Mplantungan ini sudah masuh BP3, dengan terpasangnya papan peringatan. Ada cerita menarik saat di Situs ini (jika tidak boleh dibilang lucu).... Colek Mr. Pman, Blusukan lanjutan ini, masih bersama Mr. Pman. Jadi benar2 ada saksinya ketika mengalami kejadian lucu ini. 

      Saat sampai di sini, kebetulan ada beberapa pemuda yang sedang kerjabakti membuat sesuatu dari bambu. Agar tidak terkesan aneh dan mencurigakan, saya mendekat mencoba bertanya (sementara mr. Pman foto2 yoni). "Mas sejarah batu itu bagaimana ya, trus masyarakat sini menyebutnya apa", pemuda 1 bilang: "Wah saya ga tahu mas....." kemudian pemuda 2 sebelahnya bilang, " ooo itu batuan candi mas". yang lain pun merasa ragu untuk menjawab karena tidak tahu awal mula batu yoni itu. "Tanpa diduga dari kejauhan, datang pemuda lain (diluar yang kerjabakti), yang merasa 'tahu' dengan pedenya bilang, "OOOO itu peninggalan Walisongo mas..... jumlahnya ada 9"... (Dalam hati ku meringis selebar2 nya...hellooo yoni peninggalan walisongo????,  namun ku tetap mencoba berekspresi takjub dengan penjelasannya itu). Setelah kutatap lebih jelas,, Ooo dengan mata merah dan merancau (ternyata mabuk) kutanya lebih lanjut..."Lha dimana  mas ke8 batuan yang lainnya?",  ... Agak Bingung.... dia menjawah, "Wah itu  gak tahu mas...." hahahaha... miris.!! Yoni kok peninggalan walisongo, jumlahnya 9 lagi.....
    Kemudian, ada seorang Bapak-Bapak Mendekat, " Itu Batuan Candi mas.... kemarin malah ada WN Belgia berkunjung kesini, konon dulu batu ini sempat mo dipindah tapi kembali lagi". Saat berbincang dengan Bapak2 itu, remaja mabuk tadi diam-diam menjauh.... hahahahahaha.... ----- malu ya mas?
Yoni Mplantungan
       Yoni Situs Mplantungan ini berbentuk sederhana tanpa relief, juga tanpa diketahui lingga (yang) merupakan pasangan yoni ini berada. 
       Situs berlokasi di masjid/musholla banyak saya temukan, dan Mplantungan ini adalah yoni ke 3 yang saya temui di Masjid/Musholla. Hal ini meyakinkan saya (pribadi), bahwa proses penyebaran agama Islam di jawa.. salah satunya dengan proses 'pengaburan/ penghapusan agama lama. 
       (Sengaja membangun pusat agama baru dan menutupi ingatan masyarakat akan agama lama), sebagian malah bekas batuan dipakai untuk pondasi, ataupun penyangga tiang....sebagian lagi dibuang kesungai...beberapa saat yang lalu, seorang rekan memberi link yang menemukan batuan candi di sungai Kaligarang dan sungai tersebut berada di belakang dekat Situs Yoni Njambon Ungaran
(mohon maaf ini kesimpulan pribadi tanpa bermaksud SARA).....
Di sepetak kebun singkong, Yoni Mplantungan Berada:
Yoni



Yukk.. wisata sejarah...


     (blusukan bersama Mr.Pman, dari Komunitas Pecinta Candi)
    Kesulitan mencari petunjuk/ butuh guide.... jika waktu memungkinkan siap untuk menemani.....


Save This...
Not Only A Stone....
di situs Yoni Mplantungan
Salam Pecinta Candi....



2 komentar:

  1. salam kenal dari saya mas...keren blognya... sekedar info di tempatku ada sebuah yoni.. semarang kota mas.sudahkah di blusuki..?

    BalasHapus
  2. Salam kenal..... Siap jadi guide mas? hehehehe...secepatnya saya hub panjenengan.... salam pecinta candi

    BalasHapus