Laman

Kamis, 23 Mei 2019

Misteri Langgar Bubrah di Yoni situs Makam Mbuyutan Jambu

 Yoni situs Makam Mbuyutan Jambu

Kamis, 24 Mei 2019. Tujuan utama blusukan Kemisan Wani Ngelih-Ngelak kali ini. Walaupun sebenarnya ada rencana ‘gawe reresik” situs di sini. Namun memang belum berjodoh.
Dari Antefik di makam "Palbapang" Jambu, kami balik kebawah, ambil kanan setelah perumahan, menyusuri jalanan beton ditengah persawahan. Gumuk pertama langsung saja. “Saat kami mencari, ditunjukkan makam kuno yang satu ini, konon disekitar makam dulu ada langgar bubrah”, jelas Mas Seno, cerita ulang asal muasal penelusuran sebelumnya dengan Pak Nanang Klisdiarto.
 Yoni situs Makam Mbuyutan Jambu
“Saat pertama, hanya kelihatan ujung cerat, maka kami menduga ini Yoni, jadi ya ini yang akhirnya timbul ide kegiatan yang gagal itu mas”, tambah Mas Seno sambil sedikit ngekek getir. 
Nanang Klisdiarto
Foto diatas adalah saat pertama penelusuran oleh Pak Nanang K. dan Mas Seno.
Cerat, 
Certa  Yoni situs Makam Mbuyutan Jambu
Saat saya kesini memang sudah terlihat penampang atas.
Penampang atas  Yoni situs Makam Mbuyutan Jambu
Yang jadi pertanyaan, Lubang di penampang atas berbeda dengan Yoni pada umumnya. Dimana penampang atas yoni lubang identik dengan lubang berbentuk kotak atau lingkaran utuh, bukan lubang berbentuk cekung (mangkok) mirip dengan lubang di watu lumpang. Namun informasi baru yang saya dapat.... (maturnuwun Mbak Derry atas Pencerahanya) memang bentuk lubang dimana lingga berada itu berbagai macam. Dan ada yang berbentuk kotak, segi delapan juga seperti Yoni di Makam Mbuyutan Gumuk Langgar Bubrah ini.
Lubang di Yoni, 
Lubang Lapik Arca Jambu
Sebelum saya ubah, saya sebenarnya ragu... ini Yoni atau lapik. namun setelah mendapatkan informasi bahwa diduga kuat ini Yoni. Yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah dimana lingga berada? 

 Yoni situs Makam Mbuyutan Jambu
Semoga, akan ada pihak terkait (bukan mafia kolekdiol) yang bisa nguri-nguri Situs ini, saya dan beberapa kawan dengan senang hati siap tenaga…  karena saya menduga… gumuk ini menyimpan banyak misteri…. Apalagi (dugaan saya) informasi tentang langgar bubrah, trus bagaimana bentuk badan Yoni ini juga bikin kepo, alias penasaran….
Pemandangan di Gumuk 'Langgar Bubrah' ini menakjubkan... 
 Yoni situs Makam Mbuyutan Jambu
Makasih Mas Seno,
Mas Seno di Gumuk Makam Mbuyutan Jambu
Karena waktu berbuka puasa hampir tiba, akhirnya kami pulang. Sebenarnya saya berniat mampir di Pak Nanang, Sementara Mas Seno Langsung Pulang. Namun saat lewat rumah beliau, belum nampak. ya sudah, keinginan berbuka Bakso, lanjut di Jebles gunungpati, 2km sebelum sampai rumah. 
Bakso Jebles Gunungpati
Salam Pecinta Situs dan Watu Candi
ssdrmk di  Yoni situs Makam Mbuyutan Jambu
#hobikublusukan
nb:
ada Makam Kuno pula di sini... benar benar kuno, Halo Mas Age.... barangkali bisa ditelusuri ulang...


 di Gumuk ini, 'langgar Bubrah" adalah komplek makam kuno yang konon sudah lagi tak terurus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar